16 Agu 2016

PROGRAM LATIHAN

PROGRAM JANGKA PANJANG


PENJELASAN PROGRAM RENANG
Program Pembinaan Jangka Panjang olahraga Renang
Bila pembinaan jangka panjang 10 s/d 12 tahun, maka anak-anak yang sudah bisa berenang mulai dari umur 6 tahun sudah harus diatur jumlah latihan perminggunya menurut jenjang umurnya sampai pada umur 18 tahun.

1.Anak umur 6 s/d 8 tahun (K.U V) latihannya 1 s/d 3 kali perminggu

Latihan terfokus pada teknik, baik dalam keadaan berenang pelan, sedang, cepat maupun sprint. Disamping itu latihan start, pembalikan dan finis yang benar sudah harus dimulai. Bertanding hanya untuk memberikan pengalamansaja, tidak ada target yang harus dicapai jadi tidak ada beban. Bila ternyata mereka menghasilkan yang terbaik biarkan saja apa adanya, namun kita tetap konsekuen pada rancangan program pembinaan yang sudah dirancang. Apapun bentuk latihan yang diberikan, teknik renangnya harus selalu dikontrol. Pada setiap latihan pemanasan perlu diperhatikan materi-materi senam yang dapat meningkatkan kondisi fisik . pertandingan yang boleh diikuti pertandingan tingkat pemula dengan tanpa target tertentu namun harus selalu ditekankan untuk memperbaiki waktunya sendiri. Yang penting disini menanamkan rasa senang dan gembira, sehingga semakin lama anak-anak semakin mencintai dunia renang.

2.Anak umur 9 s/d 10 tahun (K.U IV) latihannya 3 s/d 5 kali perminggu

Dengan tetap memperhatikan teknik ranang yang benar, start, pembalikan dan finish yang akurat, latihan pada kelompok ini sudah boleh dimulai latihan-latihan pagi dan sore. Jadi bila jumlah latihan seminggu sudah mencapai 5 kali seminggu, maka palingtidak latihan pagi dapat dilakukan sebanyak 2 kali seminggu. Perlu diperhatikan dalam membagi latihan pagi dan sore mengacu kepada prinsip-prinsip fa’al kerja tubuh. Ingat pada ungkapan dr. sadoso didalam sebuah bukunya (berdasarkan hasil penelitian). Jangan sampai istirahat antara latihan tersebut lebih dari 2 X 24 jam, karena bila istirahatnya melebihi 2 X 24 jam, maka hasil dari latihan yang sudah didapat sebelumnya, seperti kekuatan, kecepatan, daya tahan sudah mulai menurun kembali. Bila ternyata beberapa perenang dikelompok ini menghasilkan prestasi yang sangat menggembirakan, kita pelatih jangan sampai melakukan hal-hal yang sifatnya menekan, walaupun mereka sudah menjuarai pada nomor-nomor yang mereka ikuti, iarkan saja berjalan apa adanya.

3.Anak umr 11 s/d 12 tahun (K.U III) latihannya 5 s/d 7 kali perminggu

Latihan-latihan sudah mulai intensif, target-target latihan sudah harus ditetapkan, dan secara periodic harus ada tes-tes sebagai evaluasi untuk menentukan kemajuan prestasi yang mereka capai. Prestasi tersebut tidak hanya dilihat dari prestasi renangnya saja, namun tes-tes mengukur tingkat kemajuan kekuatan otot-otot tertentu, daya tahan juga harus dievaluasi.

4.Anak umur 13 s/d 14 tahun (K.U II) latihannya 7 s/d 9 kali perminggu

(1 kali latihan beban)

Diberikan latihan beban, dan secara pada kelompok umur ini para perenang sudah boleh diberperiodic harus dilihat perkembangannya melalui tes-tes, kekuatan otot, daya tahan otot, 


TABEL PROGRAM LATIHAN

POGRAM LATIHAN
1. JANGKA PANJANG 6 - 12 TAHUN.
2. MENENGAH   3 - 6 TAHUN
3. PENDEK 3 - 12 BULAN



 PROGRAM TAHUNAN CLUB



2 komentar:

  1. sangat bermanfaat buat teman2 pelatih yg belum memiliki gambaran membuat progran latihan. bravo !

    BalasHapus